Dalam bukunya, “Helping The Struggling Adolescent”, Les Parrot III
menguraikan konsep diri remaja yang terdiri dari empat aspek.
ASPEK PERTAMA adalah DIRI SUBJEKTIF, yaitu pandangan pribadi remaja
tentang siapakah dirinya. Ada remaja yang menilai dirinya tampan,
tapi ada pula yang menganggap dirinya tidak menarik. Ada remaja yang
melihat dirinya supel, namun ada pula yang “kuper” (alias kurang
pergaulan). Konsep diri subjektif bersumber dari penilaian orangtua,
guru, dan teman yang telah menjadi konsep diri si remaja.
ASPEK KEDUA ialah DIRI OBJEKTIF, yakni pandangan orang lain tentang
diri si remaja. Pandangan orang lain bersifat mandiri dan beragam,
dalam arti pandangan ini merupakan pandangan pribadi seseorang
tentang si remaja dan pandangan tiap orang tidak harus sama dengan
yang lainnya. Si remaja mungkin berpikir bahwa ia adalah seseorang
yang ramah dan ringan tangan (diri subjektif), namun beberapa
temannya menganggap bahwa ia adalah seseorang yang mau tahu urusan
orang lain (diri objektif).
ASPEK KETIGA ialah DIRI SOSIAL, yaitu pandangan si remaja akan
dirinya berdasarkan pemikirannya tentang pandangan orang lain
terhadap dirinya. Di sini si remaja melihat dirinya dengan
menggunakan kacamata orang lain. Ia mereka-reka apa penilaian orang
lain terhadap dirinya dan sudah tentu rekaan ini dapat tepat tapi
dapat pula keliru. Ia mungkin menganggap bahwa orang lain melihatnya
sebagai seseorang yang berani (diri sosial) namun dalam kenyataannya
beberapa temannya memandangnya sebagai seseorang yang kurang ajar
(diri objektif). Ia sendiri mungkin menilai dirinya bukan sebagai
seseorang yang berani melainkan sekadar sebagai pembela keadilan
(diri subjektif).
ASPEK KEEMPAT adalah DIRI IDEAL, yakni sosok dirinya yang paling ia
dambakan atau ia cita-citakan. Diri ideal adalah diri yang belum
terjadi atau terbentuk sehingga si remaja terus berusaha
mencapainya. Ia mungkin melihat dirinya sebagai seseorang yang tidak
stabil (diri subjektif), oleh karena itu ia senantiasa berupaya
menjadi seseorang yang sabar (diri ideal).